Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Tentang Saya

    Ardika Zein, seorang mahasiswa dari jurusan S1-Teknobiomedik, Universitas Airlangga Dengan bidang minat instrumentasi medis, ingin mendalami perkembangan medis ditinjau dari segi instrumentasi (peralatan medis)

S1 Teknobiomedik

    Salah satu program studi di Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga. Program studi yang didirikan pada tahun 2008,dengan dua bidang minat; biomaterial dan instrumentasi biomedis.

marhaban


NOW


FACEBOOK


Pengunjung

    41233

Perbedaan tangan bionic berbasis mikrokontrol dengan tangan bionic berbasis fuzzy logic

Ditulis pada 04 June 2012 Oleh ardika-zein-fst08 | Kategori : sistem cerdas

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjawab tugas yang diberikan untuk UTS Sistem Cerdas, dimana topiknya adalah "Perbedaan tangan bionic yang menggunakan basis mikrokontrol dengan basis fuzzy logic ( sistem cerdas) "

pada tangan bionic berbasis mikrokontroler secara konvensional, gerakannya masih terbatas pada sinyal inputan tubuh yang disadap melalui elektrode, sehingga gerakan yang dihasilkan adalah tidak sesuai dengan harapan, misalnya: ketika kita ingin gerakan 90 derajat, bisa jadi tangan bionik tersebut bergerak hanya 70 derajat, hal ini terjadi karena variasi dari sinyal otot, kita ketahui bahwasannya sinyal dalam otot tubuh itu relatif kecil dan berubah-ubah karena efek dari homeostatis.

Dengan adanya metode fuzzy, diharapkan bisa membantu masalah ini, karena fungsi dari fuzzy adalah membuat tangan bionik ini bisa bergerak dengan maksimal, dimana prosesnya adalah membelajari sistem terhadap variabel yang diberikan, sehingga ketika menginginkan sudut tertentu, maka sistem fuzzy akan berusaha untuk mengoleksi sinyal yang sesuai dengan variabel yang telah diinputkan. dalam sistem ini proses pembelajarannya bergantung pada variabel yang diberikan.

sehingga secara garis besar, perbedaan tangan bionic berbasis fuzzy logic dan mikrokontroler adalah bagaimana cara menggerakan motor berdasarkan inputan, fuzzy diberikan variabel tertentu (batas / range)untuk menghasilkan gerakan, sedangkan pada mikrokontroler variabel hanya berasal dari sinyal inputan tubuh secara langsung. sehingga gerakan tangan bionic pun berbeda, pada fuzzy logic gerakan tangan bionic lebih bagus dan pada mikrokontroler gerakannya tidak beraturan.

- 1 Komentar -

1. berlina

pada : 27 May 2013
sippp polll reekkk

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :